Prinsip-prinsip Kebudayaan Islam

Posted by Taufik Adiluhur on 08:26 AM, 15-Apr-12 • Under: FILSAFAT ISLAM

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Sobat Adiluhur yang dirahmati Allah. Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel saya beberapa waktu lalu tentang Islam sebagai Agama dan Budaya. Dalam posting sebelumnya telah penulis singgung bahwasanya Islam tidak hanya merupakan sebuah agama, namun telah menjadi sebuah budaya bagi umat manusia khususnya umat Islam itu sendiri yang mencakup seluruh tatanan dalam kehidupan (way of life). Mulai dari hubngan manusia dengan Tuhannya (hablun minallah), hubungan manusia dengan manusia lainnya (hablun minannas) dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya yang menghasilkan sebuah kultur yang khas. Tentunya dalam tolok ukur Islam sebagai budaya, Kebudayaan Islam memiliki beberapa prinsip mendasar yang dijadikan landasan.

Dibawah ini adalah beberapa prinsip dari kebudayaan Islam dipandang dari segi ajaran islam itu sendiri.

  1. Tuhan dalam Islam hanya Allah saja, maka semua perintah Allah diperlakukan bagi seluruh manusia dimanapun mereka berada, hal tersebut melingkupi seluruh manusia baik sebagai subjek (melaksanakan perintahperintah Allah) dan juga sebagai objek (semua perintah Allah dilaksanakan manusia). Sebelum adanya Islam, umat manusia hidup secara berkelompok, hal ini berlandaskan pada ras atau budaya bahkan keduanya. Islam memberi fondamen baru bagi kelompok-kelompok tersebut, yaitu yang dikenal dengan ummah. Ummah adalah suatu kesepakatan yang meliputi beberapa hal yaitu wawasan, kehendak dan perbuatan secara bersama-sama yang dilakukan oleh umat Islam.

    Persaudaraan universal yang disebabkan oleh tauhid (mengesakan Allah dan meyakini bahwa Rasulullah saw adalah utusan Allah) memerlukan suatu formasi baru, sebab umat Islam adalah suatu masyarakat baru yang dikelompokkan bukan berlandaskan pada suku atau ras, namun pada agama, maka bagi orang-orang nonmuslim diharapkan dapat membuka diri dengan cara menghindari garis keturunan dan kesukuan serta melaksanakan koordinasi yang berlandaskan agama. Agama bukan memberikan gambaran keterbelakangan dan prinsip pengorganisasian yang statis, banyak purbasangka, dipenuhi hal-hal yang eksklusif, seperti yang dibayangkan oleh orang-orang barat. Agama mewujudkan segi kehidupan manusia yang terpenting di dunia karena mengarah kepada tujuan tertinggi yang dapat diraih oleh manusia (Al Faruqi, 1988: 190).

    Ikatan persaudaraan secara universal di dalam Islam, dapat ditunjukkan pada zaman Nabi Muhammad saw sebelum hijrah dari Makkah ke Madinah, yaitu pada bulan Juli 622 M mengadakan suatu piagam perjanjian antara orang-orang Yahudi dengan umat Islam. Piagam perjanjian tersebut dinamakan Piagam Madinah, isinya mengatur kehidupan orang-orang Yahudi selama hidup di Madinah. Piagam Madinah merupakan perundang-undangan negara Islam dan juga pranata dunia yang diupayakan Islam untuk membangun dunia bagi semua umat manusia. Perundang-undangan tersebut membuktikan berdirinya negara Islam dan menunjukkan Islam sebagai gerakan penentu dalam sejarah dunia. Perjanjian tersebut merupakan perjanjian yang melatarbelakangi terwujudnya negara Islam, yaitu antara Nabi Muhammad saw, umat Islam, orang-orang Yahudi dan suku-suku yang berada di Madinah; dan eksistensi perjanjian dijamin sepenuhnya oleh Allah SWT serta berusaha menghilangkan sistem pengorganisasian manusia dari segala macam kesukuan yang meliputinya; menyatakan hak dan kewajiban serta berbagai macam tanggung jawab agar tetap setia pada kesukuannya.

  2. Pranata dunia baru yang diatur Islam merupakan pranata yang dipenuhi dengan perdamaian. Penjajahan, perseteruan di antara bangsa-bangsa di dunia harus dihapuskan. Mewujudkan suatu perdamaian harus bersifat umum dan transparan bagi seluruh manusia, perseorangan maupun kelompok. Peraturan perdamaian harus diberikan kepada semua orang tanpa pandang bulu, diharapkan secara keseluruhan diterima dengan sepenuh hati tanpa adanya paksaan.

    Allah berfirman dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 208 yang artinya: "Hai orang-orang yang beriman. Masuklah ke dalam Islam sepenuhnya dan janganlah kamu turuti langkah-langkah setan. Sungguh dia adalah musuhmu yang nyata" (Departemen Agama, 1989: 50). Al Qur'an surat Al Anfal ayat 61, artinya: "Jika mereka cenderung pada perdamaian, hendaklah kamu juga cenderung kepadanya, dan bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui"

    Pranata perdamaian harus diberikan kepada semua orang tanpa perkecualian, dan diharapkan semuanya dapat menerima dan ikut berpartisipasi serta masuk sebagai anggota, seandainya terjadi tawaran perdamaian tersebut ditolak, maka hal ini berarti yang menolak tidak menghendaki terwujudnya suatu perdamaian, sehingga terjadi peperangan.

    Perdamaian di dunia sebenarnya selalu dinanti-nantikan kehadirannya oleh siapa saja, tinggal manusianya mau berupaya untuk dapat mewujudkan perdamaian tersebut atau bahkan menolaknya, maka yang akan terjadi adalah kerusuhan, keributan dan kerusakan dunia, yang tidak lain merupakan perbuatan manusia sendiri (Al Faruqi, 1982: 194-195).

  3. Hukum Islam mengenai berbagai macam bangsa dan negara.

    Penawaran perdamaian yang diberikan oleh negara Islam kepada negara-negara di seluruh dunia diterima dengan baik, hal itu berarti telah terwujud suatu Pax Islamica (Pranata Dunia Baru), maka semua negara yang ada didalamnya berhak memperoleh privilege, sehingga tata aturan yang meliputi berbagai macam bidang, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, agama, pertahanan dan keamanan akan mendapatkan perlindungan dari negara Islam yang sudah terbentuk.

    Persoalan-persoalan yang ada di dalam negara tersebut, akan diatur sesuai hukum yang berlaku. Rakyat bebas menentukan kehidupan selaras dengan agama mereka, sebab seorang muslim mempunyai tugas menyebarkan ajaran Islam kepada semua umat manusia, demi untuk kemaslahatan umat manusia itu sendiri, dengan cara lemah lembut (baik dan menarik hati).

    Allah berfirman dalam Al Qur'an surat An Nahl ayat 125 dan surat Al Baqarah ayat 256, artinya: "Ajaklah manusia mengikuti jalan Tuhanmu dengan penuh kebijaksanaan dan pengajaran yang baik, dan bertukarpikiranlah dengan mereka dengan cara yang baik pula", "Tidak ada paksaan dalam agama" (Departemen Agama, 1989: 421, 63).

  4. Hukum yang berkaitan dengan perang

    Timbal balik dari seluruh hak yang dimiliki oleh setiap orang dan kelompok dalam Pax Islamica hanyalah berupa satu kewajiban yaitu pajak setahun sekali yang berasal dari orang-orang non muslim, yang dinamakan jizyah. Pajak ini lebih kecil, dibanding zakat yang harus dibayar oleh setiap orang Islam. Hukum Islam memutuskan bahwa negara Islam harus mengembalikan jizyah kepada orang-orang Kristen dan Yahudi yang sudah diambil dari mereka bagi tahun berikutnya, apabila ini tidak dapat melindungi desa-desa perbatasan mereka dari serangan tentara Byzantium atau musuh yang tidak dikenal.

    Hukum Islam dalam menyatakan perang tidak berada pada lembaga eksekutif, namun pada Mahkamah Agung yang akan membuktikan serangan atau ketidakadilan yang dilakukan negara Islam dan warga negaranya (Al Faruqi, 1982: 199). Mahkamah Agung dapat menerapkan hukuman baik yang berasal dari pengadilan maupun Allah bagi seseorang yang membunuh, merusak harta benda, menyerang pendeta, wanita dan anak-anak, kecuali apabila mereka secara langsung ikut dalam peperangan.

    Islam mewajibkan orang Islam agar selalu siap berkorban jiwa raga untuk membela kebenaran dan keadilan. Seorang muslim yang syahid dalam medan perang pahalanya sorga. Meninggal bagi seseorang yang berjihad di jalan Allah itu merupakan penghormatan yang paling tinggi yang dapat dicapai manusia.

    Allah berfirman dalam surat Ali Imran ayat 169 dan surat At Taubah ayat 88, artinya: "Janganlah kamu mengira orang-orang yang gugur dalam peperangan di jalan Allah itu mati. Tidak, bahkan mereka tetap hidup dan mendapat rezeki dari Tuhannya", "Tapi Rasul dan orang-orang beriman yang bersamanya berjuang, baik dengan harta maupun jiwa raga mereka. Itulah orang-orang yang memperoleh kebaikan dan mereka itulah orang-orang yang berbahagia" (Departemen Agama, 1989: 105, 294).

Keempat prinsip itulah yang merupakan prinsip dari kebudayaan Islam. Sebenarnya uraian yang perlu disampaikan masih panjang, namun karena keterbatasan yang ada mungkin sebagian diatas dapat dipahami. Jika ada yang kurang atau salah mohon kritiknya, karena manusia adalah tempatnya salah dan lupa

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Sumber :

  • Al Faruqi, Ismail Rafi, 1988, Tauhid, Penerbit Pustaka, Bandung
  • Widyastini. ___ . Nilai-nilai Islam Dalam Kebudayaan Indonesia. Ebook
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

12 responses to "Prinsip-prinsip Kebudayaan Islam"

Latif Mualim on 10:29 AM, 15-Apr-12

mencakup semua

Latif Mualim on 10:40 AM, 15-Apr-12

mencakup semua

Adankthea on 10:46 AM, 15-Apr-12

Hadir sob!
Beuh tambah ilmu agy nie taks sob !

Dopleek Hollow on 01:32 PM, 15-Apr-12

hadir ah gan smile

Junotz on 10:36 AM, 16-Apr-12

nyimak prinsip islam.y biggrin

BLACK LIONESS on 11:16 AM, 16-Apr-12

sungguh begitu luhur kebudayaan Islam, tp sayang udah dikotori oknum yg mengatasnamakan islam, sehingga sbagian bsar org barat mengenal kebudayaan Islam sebagai kebudayaan teroris, naudzubillah mindzaliq


thx dah share

Adhy Zuck Gandhy on 12:38 PM, 16-Apr-12

Assalamu'allaykum.... Hadir sob...... Thanks prinsipnya

вцδi взярзкзятi lцнця ® on 02:18 PM, 16-Apr-12

assalamu'alaikum gus..
Hmm..matur nuwun sharenya gus.ijin edit copy

arrowhttp://boedhie.heck.in

ª™¶₪®AMRI®₪¶™ª on 04:42 PM, 16-Apr-12

Mantap bray. . Postinnya.. . Izin nyimak dulu. . . . Mau keliling dunia dlu.
Jgn lupa..Mast bray q undang untk hadir ke gubuk ane smile
ada film comedi zg patUt anda simaxbiggrin

Rendra on 09:51 PM, 16-Apr-12

kunjungan perdana gan , ,
sekalian promosi blog ane yg baru jadi . .

©»Ivankz«`_`_`© on 05:17 AM, 17-Apr-12

Knjungan pag gan, live nymak sblum brangkt UAN, Jngan lupa brkunjung yea gan smile

arrowhttp://ivankz.heck.in/game-tom-raider_legends-s60v2-menjelang.xhtml

Taufik Adiluhur on 09:57 AM, 17-Apr-12

buat sobat semua, terima kasih udah pada koment. Maaf admin sedang dalam kondisi kurang fit sehingga tidak bisa balas koment sobat satu per satu. Mohon doanya, semoga saya lekas pulih seperti sedia kala.

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images