Alam Pemikiran dan Falsafah Hidup Orang Jawa

Di posting oleh Taufik Adiluhur pada 09:19 PM, 27-Mar-12 • Di: FILSAFAT JAWA

Assalamu'alaikum sobat Adiluhur® semua yang paling baik hati.. Masih seputar falsafah hidup orang Jawa, kali ini saya share artikel yang saya dapat dari sobat Syena di wordpressnya. Kalau sobat berkenan silahkan simak artikel ini buat tambahan wawasan sobat.

Alam pikiran dan pandangan hidup orang Jawa

Orang Jawa percaya bahwa Tuhan adalah pusat alam semesta dan pusat segala kehidupan karena sebelumnya semuanya terjadi di dunia ini Tuhanlah yang pertama kali ada. Pusat yang dimakusd disini dalam pengertian ini adalah yang dapat memebrikan penghidupan, kesimbangan, dan kestabilan, yang dapat juga memberi kehidupan dan penghubung dengan dunia atas.

Pandangan orang Jawa yang demikian biasa disebut Kawula lan Gusti, yaitu pandangan yang beranggapan bahwa kewajiban moral manusia adalah mencapai harmoni dengan kekuatan terakhir dan pada kesatuan terakhir itulah manusia menyerahkan diri selaku kawula terhadap gustinya.

Sebagian besar orang Jawa termasuk dalam golongan bukan muslim santri yaitu yang telah mencampurkan beberapa konsep dan cara berpikir Islam dengan pandangan asli mengenai alam kodrati dan alam adikodrati.

Niels Mulder mengatakan bahwa pandangan hidup merupakan suatu abstraksi dari pengalaman hidup. Pandangan hidup adalah sebuah pengaturan mental dari pengalaman hidup yang kemudian dapat mengembangkan suatu sikap terhadap hidup.

Ciri pandangan hidup orang Jawa adalah realitas yang mengarah kepada pembentukan kesatuan numinus antara alam nyata, masyarakat, dan alam adikodrati yang dianggap keramat. Orang Jawa bahwa kehidupan mereka telah ada garisnya, mereka hanya menjalankan saja.

Dasar kepercayaan Jawa atau Javanisme adalah keyakinan bahwa segala sesuatu yang ada didunia ini pada hakekatnya adalah satu atau merupakan kesatuan hidup. Javanisme memandang kehidupan manusia selalu terpaut erat dalam kosmos alam raya. Dengan demikian kehidupan manusia merupakan suatu perjalanan yang penuh dengan pengalaman- pengalaman yang religius.

Alam pikiran orang Jawa merumuskan kehidupan manusia berada dalam dua kosmos (alam) yaitu makrokosmos dan mikrokosmos. Makrokosmos dalam pikiran orang Jawa adalah sikap dan pandangan hidup terhadap alam semesta yang mengandung kekuatan supranatural da penuh dengan hal-hal yang bersifat misterius. Sedangkan mikrokosmos dalam pikiran orang Jawa adalah sikap dan pandangan hidup terhadap dunia nyata. Tujuan utama dalam hidup adalah mencari serta menciptakan keselarasan atau

keseimbangan antara kehidupan makrokosmos dan mikrokosmos.

Dalam makrokosmos pusat alam semesta adalah Tuhan. Alam semesta memiliki hirarki yang ditujukan dengan adanya jenjang alam kehidupan orang Jawa dan adanya tingkatan dunia yang semakin sempurna (dunia atas- dunia manusia-dunia bawah). Alam semesta terdiri dari empat arah utama ditambah satu pusat yaitu Tuhan yang mempersatukan dan memberi keseimbangan.

Sikap dan pandangan tehadap dunia nyata (mikrokosmos) adalah tercermin pada kehidupan manusia dengan lingkungannya, susunan manusia dalam masyarakat, tata kehidupan manusia sehari-hari dan segala sesuatu yang nampak oleh mata. Dalam mengahdapi kehidupan manusia yang baik dan benar didunia ini tergantung pada kekuatan batin dan jiwanya.

Bagi orang Jawa, pusat di dunia ada pada raja dan karaton, Tuhan adalah pusat makrokosmos sedangkan raja adalah perwujudan Tuhan di dunia sehingga dalam dirinya terdapat keseimbangan berbagai kekuatan alam. Jadi raja adalah pusat komunitas di dunia seperti halnya raja menjadi mikrokosmos dari Tuhan dengan karaton sebagai kediaman raja . karaton merupakan pusat keramat kerajaan dan bersemayamnya raja karena raja merupakan sumber kekuatan-kekuatan kosmis yang mengalir ke daerah dan membawa ketentraman, keadilan dan kesuburan.

Sumber: http://syiena.wordpress.com/2008/04/09/memahami-orang-jawa/

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

17 tanggapan untuk "Alam Pemikiran dan Falsafah Hidup Orang Jawa"

RudiPunyaOpini pada 09:50 PM, 27-Mar-12

waw..thanks sob buat artikel ini..
Mau tanya boleh?,
istilah "omongane wong tuwo kuwi mandi" itu maksudnya gmn?

Latif Mualim pada 09:56 PM, 27-Mar-12

koment aj dah

Fhendy GEPAK pada 09:58 PM, 27-Mar-12

Artikel nya bagus sob

Taufik Adiluhur pada 10:09 PM, 27-Mar-12

@RudiPunyaOpini,
kalau kita artikan secara bebas "omongan/kata-kata/doa dari orang tua itu mudah diijabah/manjur".. Ini juga sejalan dengan ajaran rasulullah SAW kalau doa dari orang tua kita akan mudah dikbulkan.

@Latif Mualim,
oke sob, makasih komennya.

@Fhendy GEPAK,
thankyu sob..

Junotz pada 10:25 PM, 27-Mar-12

nyimak master

©»Ivankz«`_`_`© pada 05:31 AM, 28-Mar-12

Artikel bagus sobt, ane udah baca

Dopleek Hollow pada 06:25 AM, 28-Mar-12

komen aja ah

Andri uchiha reanimation pada 07:15 AM, 28-Mar-12

nyimak aja kang..
Kunbal ya

http://reanimation.mywapblog.com/operamini-4-5-6-7-3-in-1-gratis-telkomse.xhtml

вцδi взярзкзятi lцнця ® pada 10:43 AM, 28-Mar-12

assalamu'alaikum gus.wah..ijin save lg njih.

Taufik Adiluhur pada 01:02 PM, 28-Mar-12

@Junotz,
silahkan sobat

@©»Ivankz«`_`_`©,
maturnuwun dah brknan membaca sob

@Dopleek Hollow,
oke, makasih komentnya masta

Adhy Zuck Gandhy pada 01:08 PM, 28-Mar-12

Assalamu'allaikum...
nice artikel gan

Taufik Adiluhur pada 05:04 PM, 28-Mar-12

@Andri uchiha reanimation,
thanx, segera ke TKP gan

@вцδi взярзкзятi lцнця ®,
monggo kang, silahkan

@Adhy Zuck Gandhy,
wa'alaikum salam
thanx dah hadir sob

Dulayex pada 08:55 PM, 28-Mar-12

ane ikutan slaturahmi ajh ah he. . .

taurus.heck.in pada 11:30 AM, 29-Mar-12

cuma mampir bentar bos.. Mau keLIling RT DULUlol

abhank..... pada 09:09 AM, 30-Mar-12

thanks atas infonya....
tpi yg ingin saya tanyakan:
secara garis besar, klau bisa digambarkan maka makrokosmos dan makrokosmos itu seperti apa???

Taufik Adiluhur pada 09:44 PM, 30-Mar-12

@mas abhanx,
kalau kita pahami dalam ilmu filsafat. Yg dimaksud dg jagad makrokosmos itu jagad besar. Dr kata makro. Yaitu alam semesta ini. Sedangkan mikrokosmos adalah jagad kecil yaitu apa yg ada dalam diri manusia itu. Thanks dah berkunjung mas

Dulayex pada 07:13 PM, 05-Apr-12

slamat mlam sob. . .he. .

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar